INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Alat Transportasi Hovercraft

Kapal ganjal udara atau hovercraft adalah suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara (air cushion). Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah kapal ini (plenum chamber) melalui skirt (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara di dalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat.

Untuk menggerakkan kapal ganjal udara, digunakan gaya dorong yang diperoleh dari baling-baling mirip pada pesawat udara. Gaya angkat kapal ini bekerja pada penampang yang luas, sehingga tekanan terhadap tanah atau air (ground pressure) yang ditimbulkan tidak besar. Dengan demikian, kendaraan ini sanggup berjalan di atas lumpur, air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Karena tidak adanya kontak eksklusif antara hovercraft dan permukaan daratan atau air, maka kendala yang terjadi kecil sehingga hovercraft sanggup melaju dengan kecepatan tinggi.

 

Prinsip Kerja Hovercraft

Prinsip penggunaan ganjal udara ini pertama kali dirancang oleh John Thorneycroft pada tahun 1879. Pada tahun 1953, dikembangkan oleh Christoper Cockerell, juga dari Inggris. Ternyata metode gres Cockerell ini dinilai sebagai salah satu percobaan yang berhasil menakjubkan.

Prinsip Cockerell ini pada memerangkap udara ke dalam ganjal yang dipasang sebagai hull kapal, dengan tujuan menghilangkan geseran pada hull kapal dari permukaan air, yang menurutnya aka memperlambat jalannya kapal mirip pada kapal konvensional. Proses itu tercapai dengan cara meniupkan udara kedalam ganjal yang dipasang pada dasar kapal, untuk menjadikan pendangkalan ke atas dan ke bawah dengan tekanan yang lebih ringan dari atmosfer, dan memerangkap udara yang masuk dengan tabir udara yang bertakanan tinggi di sekitar sisi hull. Udara yang diperangkap dalam ganjal itu menghasilkan daya angkat hingga tiga kali lebih besar dibandingkan bila memasukkan udara secara eksklusif kedalam bantalan. Cockerell membuat model free-flight dengan menggunakan sistem ini diikuti konstruksi hovercraft bersekala penuh.

Pada tahun 1961, diperkenalkan sistem gres yang dikenal sebagai "Flexible Skirt System" yaitu menggunakan material karet sebagai epilog sisi ganjal sekitar hull sehingga epilog ini ibarat rok yang dinamakan skirt. Hal itu dilakukan untuk menutup biaya produksi dan fungsi rok ini untuk menggantikan fungsi tabir udara dalam pengisian bantalan. Dengan penggunaan ganjal sebagai dasar kapal berarti resistan air menjadi kecil dan dengan dorongan tenaga propeler, kecepatan akan tiga kali lebih besar dibandingkan dengan kapal biasa. Selain itu, ganjal udara yang terbuat dari karet yang berpengaruh memungkinkan kapal jenis ini sanggup bergerak diberbagai medan, tidak hanya di air namun juga dirawa-rawa.

 

Komponen Utama Hovercraft

  • Lambung yakni tubuh kapal yang sanggup dibentuk dari aluminium ataupun serat beling yang dibentuk kedap air. Rongga di dalam lambung ini diisi dengan busa poliuretana yang membuat hovercraft tetap mengapung jikalau terjadi kebocoran pada lambung.
  • Skirt yaitu belahan hovercraft yang berfungsi untuk menahan udara di bawah hovercraft semoga tidak gampang keluar. Skirt terbuat dari tekstil yang dilapisi karet untuk menjaga semoga udara tetap berada di dalam ruang di bawah lambung kapal.
  • Sumber tenaga hovercraft biasanya disediakan oleh mesin diesel atau bensin. Mesin digunakan untuk memutar baling-baling yang akan menghasilkan gaya dorong.

 

Jenis-jenis Hovercraft


  • Open Plenum
Jenis ini menggunakan konstruksi ruang terbuka dengan sebuah ruang besar yang berisi udara bertekanan tinggi. Konstruksi semacam ini memerlukan tenaga/energi yang besar untuk menjamin adanya tekanan yang cukup tinggi.

  • Peripheral Jet
Konstruksi rancangan Sir Christoper Cockerel menggunakan jet annular (cincin), udara dipompa ke sekeliling sisi kendaraan. Tenaga yang diharapkan lebih sedikit, untuk membangkitkan alas ganjal udara secara terus menerus.

  • Plexible Skirt
Pada konstruksi ini, selubung flexible pada jet annular mengakibatkan penambahan ketinggian letak hovercraft hingga 10 kali lipat, dengan demikian hovercraft sanggup melintasi medan darat yang permukaannya tidak rata maupun medan pantai yang kurang baik.

  • Fixed Wall
Pada konstruksi ini, hovercraft dengan dinding sisi yang baku ini dikenal dengan itilah CAB (Capture Air Bubble atau Gelembung Udara yang Diperangkap), dilengkapi dengan selubung yang belahan ringkas pada sisi haluan sedangkan dinding sisi sanggup menutup rapat ganjal udara pada belahan bawah kendaraan.

Pada hovercraft, jenis selubung yang lain dari ganjal angin yang lazim berupa kantung yang ringkas dengan tonjolan yang berdungsi sebagai penjejak dengan permukaan yang dilalui dan membentuk sekat epilog di sekitar ganjal udara.

 

Sejarah Hovercraft

Rancangan kendaraan mirip hovercraft yang pertama dicatat yaitu pada tahun 1716 oleh Emanuel Swedenborg, seorang perancang, filsuf dan teolog Swedia. Rancangannya berupa sebuah kendaraan berbantalan udara bertenaga insan dengan sebuah kokpit di tengah. Pada pertengahan 1980-an, seorang insinyur Britania Raya berjulukan Sir John Isaac Thornycroft membuat sejumlah model kendaraan yang menggunakan udara di antara tubuh kendaraan dan air untuk mengurangi kendala (drag). Walaupun ia mematenkan sejumlah paten yang bekerjasama dengan lambung kapal yang menggunakan udara untuk mengurangi kendala pada 1877, tidak ada satupun dari patennya yang diaplikasikan.

 

Penggunaan Hovercraft

Setelah mengalami banyak sekali penyempurnaan teknis, hovercraft mulai diproduksi secara pabrikan. Pabrik yang pertama kali memproduksi yaitu Saunders-Roe, yang didanai oleh Britain's National Research Development Corporation yaitu tipe SR. N1, hingga kemudian diproduksi jenis SR. N4 berkapasitas 254 penumpang dan 30 kendaraan.

Namun sangat disayangkan, perkembangan hovercraft yang ditanggapi banyak sekali kalangan bidang kemaritiman, terkesan kurang populer, bukan alasannya yaitu kemampuannya yang disangsikan, namun seni administrasi pemasaran dari pihak produsennya yang kurang begitu menjangkau dunia luas. Berbagai negara dianggap lamban dalam penggunaan dan pengembangan hovercraft. Padahal bila ditinjau dari segi biaya, pembuatan hovercraft sampaumur ini lebih murah dibandingkan dengan pembuatan kapal perang konvensional. Menurut konsultan Amerika Serikat, Lavis Associates, banyak negara-negara yang mempunyai potensi materi baku karet alam yang nantinya dipergunakan khususnya jenis SIR-5L ataupun SIR-10, kemudian studi dengan memperhitungkan pembiayaan pembuatan, penggunaan propulsi diesel sebagai pengganti propeler udara dan dari segi hemat juga timbul dalam perancangannya.

Untuk penggunaan di bidang sipil, sejauh ini hanya Inggris yang menggnakannya untuk kepentingan konvensional. Perusahaan Hoverlloyd mengoperasikan hovercraft sebagai sarana angkutan maritim jarak akrab dengan memperoleh laba dengan mengoperasikannya.

Penggunaan Hovercraft justru lebih banyak dibidang militer, dengan pertimbangan pakar strategi, hanya 17 persen dari garis pantai diseluruh dunia yang bisa didarati oleh kapal pendarat konvensional. Sedangkan 73 persen dari garis pantai di seluruh dunia hanya sanggup digunakan oleh kapal pendarat jenis hovercraft serta 10 persen sisanya merupakan medan yang sama sekali tidak sanggup dijangkau dengan kapal/perahu pendarat dari jenis-jenis yang ada dikala ini, alasannya yaitu merupakan tebing yang tinggi dan curam serta mempunyai kontur yang sangat tidak menguntungkan.

Dari negera yang mengoperasikan hovercraft di bidang militer, tercatat Inggris yang banyak mengoperasikannya. Pabrik terbesar yang kemudian memproduksi hovercraft yaitu British Hovercraft Corporation (BHC). Militer Inggris mengoperasikan yakni type BH7Mk20 yang dibentuk tiga versi diantaranya penyapu ranjau, serbu cepat dan pendukung logistik.

Varian lain yakni SR. N6 Mk6 sebagai sarana angkut persoel dan patroli, kemudian varian AP1-88 sebagai multy-duty hovercraft yang dibentuk banyak sekali versi diantaranya penyapu ranjau, antikapal selam, SAR-patroli pantai, serbu amfibi, pendukung logistik serta keperluan polisi perairan dan bea-cukai. Type AP1-88 digolongkan dalam jenis LCVP (Landing Craft Vehicle Personnel).

Angkatan Laut Amerika Serikat maupun korp marinirnya mengoperasikan Hovercraft type LCAC-1 (Landing Craft Air Cushion) yang diproduksi oleh Textron, sebagai sarana penunjang operasi pendaratan amfibi Korps Marinir Amerika Serikat (USMC). Mampu membawa satu unit tank tempur utama tupe M1A1 Abrams atau empat unit LAV sekalikus dan beberapa personel maupun bekal. Sementara itu, Amerika Serikat mengoperasikan hovercraft jenis ringan atau kecil guna kepentingan patroli sungai yang efektif, dari type PACV (Patrol Air Cushion Vehicle) sementara kalangan AS sendiri menyebut hovercraft sebagai Air Cushion Vehicle.

Sementara Rusia (dulu Uni Soviet) memproduksi hovercraft yang diproduksi dalam tiga jenis yakni kelas Aist berbobot 250 ton dengan kemampuan membawa empat unit tank ringan jenis PT-76 atau satu buah tank tempur utama jenis T-72M, atau membawa 220 personel dengan perlengkapan dan kapasitas jelajahnya mulai dari tengah maritim hingga masuk melalui garis pantai. Kemudian kelas Lebed berbobot 85 ton dan kelas Gus berbobot 27 ton. Untuk keperluan yang akan datang, negara-negara ini akan meningkatkan kemampuan hovercraft yang dioperasikannya.

Negara-negara lain yang banyak menggunakan Hovercraft yakni negara di Afrika (tidak disebutkan) dengan jenis produksi British Hovercraft Corporation (BHC), kemudian negara Timur-Tengah (juga tidak disebutkan negaranya) banyak menggunakan hovercraft lansiran BHC dengan type BH7 Mk20 versi multirole hovercraft, berkemampuan sebagai sarana serbu amfibi, antikapalselam, serbu cepat dan pembawa rudal.

Di Asia, Jepang dikabarkan tertarik untuk memproduksi dan mengoperasikan hovercraft, meski masih belum terang pengembangan dan operasionalnya. Kemudian tercatat Singapura yang juga ikut memproduksi Hovercraft. Atas rancangan dari Britain's Air Vehicle Ltd, Inggris, Singapura memproduksi hovercraft dengan nama Tiger-40 yang berkemampuan angkut 3, 25 ton dengan kecepatan maksimum 35 knot di air dan 20 knot didarat. Disebut-sebut menggunakan empat mesin diesel type pendingin udara pabrikan Deutz type BF6L913C dengan kapasitas bahan-bakar 820 liter dengan konsumsi 109 liter/jam. Hovercraft ini digunakan sebagai versi angkut personel dan angkut kendaraan. Hovercraft Singapura ini diproduksi oleh Singapore Shipbuilding And Engineering Ltd. Namun belum ada kabar perihal kelanjutan penggunaan hovercraft versi Singapura tersebut.

Video Tentang Hovercraft 

U.S. Military Hovercraft Transporter 



Hovercraft Christy 6143 / Christy 6183 Best of the Best (Long Version)


 

WORLDS LARGEST HOVERCRAFT


Berikut yaitu kumpulan gambar hovercraft:


 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 01

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 02

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 03

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 04

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 05

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 06

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 07

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 08

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 09

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft 10

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft Militer

 suatu kendaraan yang berjalan di atas ganjal udara  Alat Transportasi Hovercraft
Alat Transportasi Hovercraft

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel